Petualangan Sehari Menuju Semeti


Long weekend kemarin, dari pada mati gaya ga kemana – mana, gue dan kawan – kawan memutuskan untuk jalan – jalan sehari semalam, berkemah  ke Pantai Semeti, by the way pernah dengar nama pantai Semeti ga sih sebelumnya ? 
Pantai Semeti terletak di daerah Lombok Tengah, dekat dengan Selong Belanak. Menuju ke sana, bisa dengan kendaraan pribadi, motor atau mobil, dengan lama perjalanan dari Mataram 1 jam 30 menit hingga 2 jam, tergantung kecepatan anda membawa kendaraan. Melewati Bypass menuju Bandara Internasional Lombok, sebelum nantinya berbelok menuju Desa Mangkung hingga tembus ke daerah Mawi dan Selong Belanak.
rute menuju Semeti
Memasuki jalanan terakhir menuju Pantai Semeti, sekitar 30 menit terakhir, kondisi jalannya sangat jelek ! beruntung kami ke sana saat tidak ada hujan turun, kalau tidak ntah bagaimana nasib kendaraan kami. Oh iya, sebelum memasuki jalan tersebut, sediakan uang 5ribu rupiah buat yang membawa motor dan 10ribu rupiah bagi mobil, ntah pungutan itu digunakan untuk apa, kami tidak tahu.

 

Jalan tanah menuju Semeti
Urusan parkir kendaraan, dekat dari pantai hanya ada 1 gubuk sederhana milik petani jagung yang berdiam disana, disanalah kendaraan kami titipkan. Suasana pantai ini sendiri sangat sepi, jauh dari keramaian. Pastikan sebelumnya anda yang ingin ke Semeti menyiapkan perbekalan, karena tak ada warung satupun disana.
Welcome To Semeti !
Setelah urusan parkir selesai, kami segera menuju pantainya, pemandangan di pantai Semeti ini cukup unik, salah satu sudutnya membentuk teluk yang dikelilingi oleh bukit berbatu, batuan -batuan yang ada seperti membentuk deretan tembok alami yang memecah ombak.
 

 

 

 

 

Pemandangan Sekitaran Semeti, Cantik Kan ?
 
Disisi lainnya terbentang garis pantai yang berpasir putih, ombak di pantai ini lumayan besar, cocok buat latihan surfing bagi pemula. Siang itu, kami hanya bertemu 2 orang bule yang sedang asyik bermain dengan papan surfing mereka.

 

 

Sisi pantai yang berpasir dan aman untuk main surfing atau main air
 
Tak banyak kegiatan yang kami lakukan selain berfoto, main air, dan latihan bouldering (pemanjatan tebing jalur pendek) ! yup, tebing yang ada di Pantai Semeti ini, batuannya solid dan mempunyai banyak cacat tebing (rekahan, tonjolan, lubang) yang bisa dipakai untuk pijakan dan pegangan bagi pemanjat. Bentukan tebingnya pun tidak seratus persen 90 derajat, tapi agak menjorok sedikit kedalam.
 

 

 

 

Bouldering di Semeti
 
 
Potensi untuk pembuatan jalur panjat tebing di Semeti sangat besar, selain batuannya yang solid, tinggi tebingnya cukup beragam dari 8 meter hingga 70 meter, dengan bagian tebing paling lebar hingga 50 meter, pokoknya surga banget deh bagi pemanjat tebing !
 
Puas bermain – main di tebing, gue dan kawan – kawan menanti sunset, sungguh sunset di Semeti ga kalah cakep dengan sunset di pantai – pantai lainnya, langit yang perlahan berganti warna menjadi jingga keunguan, dikejauhan mulai tampak lampu – lampu kapal para nelayan, wiih pokoknya keren banget deh !

 

 

Foto Yoga Ala – Ala dan Sunset Yang Cakep Abis !
Malamnya kami bermain kartu di luar tenda, beratapkan langit yang cerah banget, nampak banyak sekali bintang diatas kepala kami. Sungguh indah ! polusi cahaya belum menjangkau wilayah ini, makanya banyak bintang yang bisa terlihat.
Potensi Pantai Semeti memang banyak, tapi sayangnya pemerintah daerahnya seperti menutup mata, padahal jika akses, fasilitas, serta keamanan di sana diperbaiki dan ditingkatkan, bukan tidak mungkin banyak yang akan menjadikan Semeti pilihan tujuan mereka, lumayan kan membantu perekonomian warga sekitar dan menambah kas daerah kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.
 

 

Morning, Semeti !
 
Malam berganti pagi, gue bangun cukup pagi sekitar pukul 6, dan matahari masih malu menampakkan diri, pemandangan pagi juga ga kalah cakep ! barisan bukit yang masih tertutup kabut tipis, warna langit yang gelap perlahan mulai terang, dan udara pagi yang mulai menghangat, mengingatkan gue kalau pagi itu gue harus balik duluan ! yaah, liburan telah usai, dari ujung selatan Lombok, gue harus segera balik menuju utara, menuju Gili buat kerja lagi, haduuuh jauh kali cari duitnya 🙂
 
Perjalanan pulang, yang awalnya berjalan lancar, akhirnya gue kena sial ! 2 kali ban motor bocor dan perlu ditambal, mana tukang tambalnya jauh banget ! dan juga gue kehabisan bensin, untung aja banyak tukang bensin eceran. Lucunya, tukang bensin eceran ini punya penampakan yang lucu, mereka menamakan gerobak Pertamini, plesetan dari pertamina !
 
PERTAMINI ! 🙂
 
Perjalanan dan liburan menuju Semeti sebanding dengan rasa puas yang gue dapat, eh sebanding juga dengan capeknya sih !
 
 
 
Iklan

18 thoughts on “Petualangan Sehari Menuju Semeti

  1. thetravelearn.com berkata:

    Pantainya cantik dan unik, kak! Airnya hijau toska, dikungkung tebing-tebing batu dan pantai yang bertabur batu-batuan koral besar.

    Itu bouldering nggak pakai peralatan apa-apa ya, kalau gue udah gemeteran 😀

    Suka

  2. Laksmi Indira berkata:

    sebulan yang lalu saya ke Lombok dan pengen explore pantai2nya. tapi sayangnya temen saya jiper alias takut soalnya katanya daerah sana kurang aman buat cewe alias banyak begal. next time kayanya saya kesana lagi dan mau explore pantai2nya,modal bismillah aja hehehee

    Salam kenal ! 🙂

    Suka

  3. Unknown berkata:

    wah keren juga itu pengalamanya seru banget …
    Salam para POKERMANIA….
    Dalam Event Ulang Tahun Poker99.net situs poker online terbaik & terpercaya mengadakan
    Hot Promo Poker99.net Edisi Ramadhan :
    – Bonus Extra Deposit 10% ( Max 50Ribu )
    – Dalam 1 hari bonus hanya di berikan 1 kali
    – Maksimal bonus yang di berikan 50.000 / hari
    – Pengambilan bonus harus di konfirmasi ke live chat terlebih dahulu
    – Minimal turn over harus mencapai 3x dari nilai deposit anda
    NB : jika ada terdapat unsur kecurangan maka bonus akan kami tarik kembali

    Mari segera daftarkan diri anda dan nikmati bonus deposit nya setiap hari 🙂
    LINK >>> http://poker99.co/

    Jangan Lupa Memberitahukan Promo Menarik ini kepada Kerabat Anda.
    Silakan hubungi kontak kami di :
    WEB : http://poker99.net/
    LINK ALTERNATIF : http://kartu99.net/
    LIVECHAT : http://bit.ly/1TTxFqq / http://bit.ly/1WCbo4A
    FB : http://bit.ly/1TP3NJ2
    PiN BB : 5C0356AE
    WA : +669 8314 500
    YM : Poker99_cs1

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s