Cara Asyik Nikmati Gili Air : Snorkeling !


snorkeling di Gili Air

Nama Gili Air, memang belum sebeken kakaknya, Gili Trawangan, yang sangat mendunia berkat pesona “party on island”-nya. Tapi, jangan salah ! Pulau kecil ini punya banyak pesona yang bisa dijajal, salah satu caranya, snorkeling.

Apa itu snorkeling? Diih, cek mbah google sana! Jangan ngaku traveler bin gawlz kalau snorkeling aja ga tau #Sombong #PadahalMalasJelasin

Intinya snorkeling itu kegiatan di air, memakai mask, snorkel, dan juga fin (optional) untuk menikmati keindahan alam bawah laut tanpa harus menyelam jauh ke dalam air #LahDijelasinJuga

Seperangkat alat snorkeling, bukan seperangkat mas kawin. Pict by google

Di Gili Air ada banyak spot snorkeling, tapi nih gue kasi bocoran yak, paling enak tuh di depanΒ Sunrise Resort, area timur dari pelabuhan. Kalau turun dari pelabuhan, ambil arah kanan sekitar 100 meter atau 10 menit jalan kaki. Area snorkeling ini favorit warga sepulau loh, bahkan snorkeling trip yang datang dari Gili Trawangan, last stopnya pasti di situ.

Area snorkeling depan Sunrise Resort. Pict by google

Area pantai Sunrise Resort, gue kerja di sana loh~ #Promo. Pict by google

Bagi yang tidak punya peralatannya, bisa disewa kok, banyak banget tempat yang nyewain sepanjang jalan dekat pantai, harganya sekitar 50,000 sampai 35,000 IDR (Mask, Snorkel, Fin, kalau Life Jacket biasanya nambah lagi) untuk 24 jam, tapi kalau local people bisa nawar lah shaaay.

Penyewaan peralatan snorkel. Pict by google

Sampai di lokasi, kalian bisa gelar kain pantai dan duduk manis, selfie, kemudian pulang. YA GA LAAAAH MALIIIH !! duduk siap – siap buat snorkelingan dong aah.
Bagi yang pertama kali nyoba jangan lupa pemanasan ya, bukan dengan jalan ngeliatin para bule yang telenji – telenji atau kalian berjemur dibawah terik sinar mentari, tapi dengan jalan peregangan/ streching. Ini penting banget supaya ga keram nantinya.

Berenangnya slow aja, tapi ga pake gandengan juga kalee mbak #kzl

Kalau sudah di dalam air pun, jangan panik ! Usahakan berenang dengan pelan, usahakan mengambang rileks biar tenaga ga cepat habis. Kalau sudah expert macem gue *diih, duck dive juga boleh.

Duck dive gagal, malah pose duduk di pasir

Oh iya, snorkeling pun ada aturan yang harus kalian turutin yaaa~

  1. Jangan pakai sunblock, karena kandungan sunblock ternyata tidak ramah bagi habitat di laut. Maen di pantai jangan takut item lah, bule aja iri kok sama kulit eksotis kita. Matahari jangan di block, cukup mantan aja yang di block *ApaanSiih
  2. Jangan pernah memegang habitat yang ada di dalam laut. Kalian juga, kalau dipegang sama orang ga dikenal, pasti ga mau kan!?
  3. Jangan pernah menginjak terumbu karang. Karena sesungguhnya terumbu karang sangat sensitif dan butuh lama untuk tumbuh kembali. Sama kaya hubunganmu, keinjek dikit, buyaaar dan lama rasa itu untuk tumbuh kembali.
  4. Dan, aturan terpenting lainnya, alat snorkel sewaan tolong dibalikin kalau udah selesai sewa, jangan dibawa pulang atau disewain ke orang lain lagi ! #CurhatanAbangPenyewaan

Waktu terbaik untuk maen air di Gili sekitar bulan Maret sampai Oktober, saat musim hujan sudah reda dan arus tidak terlalu kencang. Yakali snorkeling pas musim ujan, ombaknya gede coy !

Bagaimana pemandangan bawah air di sini ? Terumbu karangnya cukup bagus, ikan – ikan cukup beragam, warna – warni, ukurannya ada yang gede dan kecil. Nama dan jenis ikannya apa? Gue kaga tahu, coba tanya yang lebih ahli. Bahkan, kalau beruntung, kalian bisa juga bertemu penyu hijau yang lagi berenang cari makan.

Ikannya tampak lezat *eeh #SoundsWrong

Penyuuuu lutjuuu πŸ’œπŸ’œ

πŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œ

Sayangnya, terumbu karang di Gili Air, dan juga di Gili lainnya, sudah mulai rusak, terutama di daerah pinggir pantai. Penyebabnya tidak lain aktivitas buang sauh sembarangan dari kapal – kapal yang ada di sana. Semoga kedepannya ada upaya untuk merehabilitasi terumbu karang.

Syeedih liat terumbu karangnya 😭

Anyway, liburan ke Gili jangan sampai lupa nyobain snorkeling ya, seru dan dijamin bikin ketagihan !

Happy snorkeling gaes ! Keep peace and pipis !

Rey Maulana

Hotelier yang agak galau, suka nyebut dirinya traveler, padahal travelingnya di situ-situ ajaΒ 

Kepoin dan follow diΒ InstagramΒ #blohisme #ngaku2traveler

Iklan

22 thoughts on “Cara Asyik Nikmati Gili Air : Snorkeling !

  1. BaRTZap berkata:

    Ah jadi kangen main-main ke Gili Matra. Selama ini kalau main ke sana selalu nginepnya di Gili Trawangan, soalnya selalu bareng teman yang belum pernah. Padahal pengen juga sesekali nginep di Gili Meno atau Gili Air yang lebih tenang.

    Dulu pas pertama kali nginep di Gili Trawangan, saya ikut snorkeling trip gitu, dan salah satunya main di spot Coral Garden (cuma lupa spot ini tepatnya di Gili Meno atau Gili Air ya?). Well lumayan sih buat snorkeling pemandangannya.

    Cuma seingat saya terumbu karang yang mengecewakan di sekitaran area Gili Matra itu justru saya temukan waktu diving. Terlihat banyak karang yang rusak, bahkan hancur area. Sedih juga melihatnya. Tapi seingat saya juga, di Gili Matra sudah ada program biorock, seperti yang pernah saya lihat di Pemuteran, Bali. Semoga program itu bisa berjalan baik dan bisa mengembalikan keindahan dunia bawah air Gili Matra.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s