Nasib Hotelier : Jam Kerja dan Libur Hotelier


 

keep-calm-and-smile-we-are-hotelier.jpg

Hola ! balik lagi bersama Gue, resepsionis ganteng nan kece yang mau berbagi cerita selama bekerja menjadi hotelier.

Selama bekerja menjadi hotelier, banyak yang bertanya, berbagai macam hal, tapi paling sering adalah  soal jam kerja dan sistem libur di hotel.

Kerja di hotel, jam kerja Elu ga bakalan sama kaya yang kerja kantoran, karena hotel tidak pernah mengenal kata tutup, kecuali bangkrut ya, itu beda kasus.

Umumnya hotel – hotel menerapkan sistem jam kerja 5 – 1 atau 6 – 1.  Sistem jam kerja 5 – 1 artinya Elu kerja lima hari dan libur (day off) satu hari, sistem begini enaknya Elu bisa rolling hari libur, jadi ga monoton libur di hari itu – itu aja. Kalau 6 – 1 artinya kerja 6 hari dan libur 1 hari, hari liburnya bakalan fix di hari itu – itu aja.

Baca juga : Nasib Hotelier : Kelakuan Aneh Tamu Hotel

Untuk jam kerja, sesuai peraturan pemerintah adalah 8 jam (sudah termasuk break time/ istirahat) per hari. Tapi, perlu digaris bawahi terkadang hotel meminta kalian untuk Over Time (lembur) saat dibutuhkan, biasanya saat high dan peak season. Tenang saja, lemburnya pasti dibayar! besarannya sesuai dengan gaji per jam pro rata (gaji  pokok sebulan dibagi jumlah hari kerja per bulan, dibagi lagi dengan jam kerja per hari).

Saat di bulan berjalan ada tanggal merah (libur nasional) dan Elu kebetulan in charge (kerja) di hari yang bersangkutan, hotel memiliki kebijakan untuk mengganti hari libur tersebut, bisa diambil di hari lain. Istilahnya dikenal dengan nama Day Off Payment (DP), semacam dapat extra libur karena sudah bekerja extra di hari libur nasional. Tapi biasanya bagi para pegawai berstatus Daily Worker, mereka tidak dapat DP tersebut, pukpuk nasib Daily Worker.

hmpqVzwPARTmo

Fyuuuh

Schedule kerja per departemen, biasanya diatur oleh Head Departement atau Supervisor. Berharaplah kalian tidak mendapatkan Jumping Schedule (contoh : hari pertama Morning Schedule, hari berikutnya Evening Schedule, berikutnya lagi masuk Night Schedule, dan lanjut Morning Schedule, begitu terus sampai negara api menyerang) karena sungguh Jumping Schedule itu capeknya luar biasa, belum lagi kalau ketiban Over Time karena back up teman yang tidak masuk/ kekosongan di posisi)

giphy

Capeeeek

Untuk masalah cuti, ada hotel yang menerapkan setelah selesai probation (masa percobaan, umumnya 3 bulan) langsung mendapatkan cuti, ada pula yang setelah satu tahun bekerja baru mendapatkan jatah cuti tahunan. Cuti tahunan sebanyak 12 hari per tahun. Boleh diambil kapan saja kecuali saat periode Black Out.

Baca juga : Nasib Hotelier : Fakta Bekerja Di Perhotelan

Periode Black Out adalah periode disaat occupancy (tingkat hunian/kunjungan) hotel sedang ramai – ramainya, biasanya disebut High Season atau Peak Season. Contoh seperti saat Natal, Tahun Baru, Idul Fitri, dan bulan Juli hingga September (saat libur panjang). Disaat seperti itu, haram hukumnya mengambil cuti, kecuali dengan alasan mendesak seperti sakit atau keluarga meninggal dunia. Bahkan, pada saat Peak Season melanda, seperti contoh kasus Natal dan Tahun Baru, tidak ada staff yang diperkenankan mengambil libur selama 1 minggu, Malam Tahun Baru pun harus Full Team sampai pagi!

200w_d

Maka, berterimakasihlah kepada para staff hotel, disaat kalian bercengkerama menikmati setiap moment liburan pergantian tahun, berpesta ria, disana ada mereka yang standby 24 jam memastikan semua kebutuhan kalian berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Baca juga : Nasib Hotelier : Balada Tipping

Sungguh kerja di hotel itu capek, kalau tidak punya fisik dan mental yang kuat, dijamin bakalan segera resign. Selelah apapun, kita tetap diwajibkan tampil maksimal. Penampilan harus rapi dan bersih, senyum harus tetap diperlihatkan, tidak boleh menunjukkan wajah lelah sedikit pun.

yi99YMXIigXG8

Cheers, mate!

Bagi para rekan hotelier, semangat jangan pernah padam ! bagi yang berniat terjun ke dunia hotelier, siapkan mental dan fisik ya ! Tuhan bersama para hotelier.

keep-calm-and-smile-we-are-hotelier.jpg

 

Iklan

8 respons untuk ‘Nasib Hotelier : Jam Kerja dan Libur Hotelier

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.