Pachamama, Surga Vegan di Gili Air


pachamama

Pachamama Gili Air

Bagi para vegetarian atau pun vegan, mencari tempat makan saat traveling menjadi salah satu tantangan tersendiri. Soalnya rata – rata menu restaurant akan lebih ramah dengan para omnivore atau carnivore. Apalagi kalau dalam diet makanan, ada pantangan seperti Gluten Free yang harus dipenuhi, dijamin bakal pusing tujuh keliling mencari tempat makan yang cocok.

Tapi, bagi kalian yang sedang traveling di Gili Air, Lombok, jangan khawatir ! Gue punya rekomendasi bagi kalian para vegetarian atau pun vegan, yang lelah mencari tempat makan khusus bagi kalian dengan rasa yang pasti yummy !

Tempat yang Gue rekomendasikan bernama Pachamama. Restaurant dengan nama yang berarti “Mother Earth” ini terletak di bagian Timur Laut Gili Air. Letaknya memang agak jauh dan masuk ke dalam desa, tapi jangan takut tersesat, sepanjang jalan ada plang penunjuk arahnya, atau kalau tidak mau repot, buka saja Google Maps. Pachamama buka dari jam 12 siang hingga 5 sore saja dan tutup di hari Minggu, jadi bagi kalian yang merencanakan ke sana, jangan sampai salah waktu ya!

Processed with VSCO with c7 preset

Pachamama Gili Air

 

Saat pertama sampai di Pachamama, Gue langsung jatuh cinta dengan desainnya yang sederhana, rustic, hipster, dan pastinya instagramable! dominasi warna monochrome berpadu dengan elemen kayu dan hiasan macrame serta kain menjadikannya sangat cantik. Meja-meja berjejer, dari pintu masuk hingga ke area bar yang ada di belakang. Bagi yang datang rombongan, jangan khawatir, Pachamama cukup luas loh untuk menampung hingga 50 orang lebih.

pachamama (4).jpg

Interior Pachamama

Processed with VSCO with c7 preset

Interior Pachamama

Gue pun memilih duduk di area dekat pintu masuk, sesaat kemudian waitress-nya pun datang membawakan menu, dan surprisingly Gue juga diberikan handuk dingin serta air putih yang ditempatkan dalam wadah kaca daur ulang.

Processed with VSCO with c7 preset

Airnya gratis

Sesaat Gue membaca menu yang disediakan, banyak pilihan yang tersedia, mulai dari minuman seperti teh herbal, kopi, aneka makanan pembuka, main course, dan pastinya dessert. Mereka juga menyediakan pilihan minuman alkohol loh, seperti wine, bir, maupun koktail. Harga yang tertera di menu memang tidak murah (tidak juga mahal sih, murah mahal relatif), mulai dari 25,000 – 120,000 IDR, untuk harga sudah termasuk tax and service charge. Untuk menu lengkapnya buka aja di webiste mereka ya : Pachamama Gili Air

Setelah menimbang dan memutuskan, Gue punย  memesan Nutty Dragon sebagai minuman, berhubung Gue lapar banget, Gue juga pesan Roast Eggplant Burritos sebagai main course, dan Raw Dragon Fruit Cheesecake sebagai dessert.

 

 

Oh iya, di Pachamama tidak tersedia area merokok ya, karena mereka concern akan gaya hidup sehat, makanya mereka tidak membuat area merokok di sana. Dan juga mereka tidak menyediakan wifi, karena konsep mereka adalah menikmati waktu bersama makanan dan partner anda, disconnect to connect with real people, which is I think really good to do.

Tak menunggu lama, pesanan Gue datang, yang pertama datang adalah Nutty Dragon, smoothies yang terbuat dari fresh dragonfruit, frozen banana, dan susu almond. Wadah minumannya unik, karena mereka menggunakan semacam botol daur ulang sebagai pengganti gelas. Bagaimana dengan rasanya ? rasanya sangat segar dengan manis yang pas. Manisnya berasal dari frozen banana dan dragon fruit, mereka tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali loh. Porsinya pun cukup besar, sebanding dengan harganya diharga 45,000 IDR.

Processed with VSCO with c7 preset

My drink, Nutty Dragon

By the way, selama menunggu main course datang, waitress-nya datang dan nanya apa dessert sekalian mau dikeluarkan atau tidak, dan Gue jawab terakhir saja, dan ternyata dia juga dengan sigap mengambilkan air putih lagi, saat melihat air minum yang ada di botol kaca sudah kosong, sungguh pelayanan yang professional.

Main course yang Gue pesan akhirnya datang juga, Roast Eggplant Burrito. Disajikan dengan wadah nampan kayu persegi, beralaskan daun pisang, dengan side dish mini jacket potato yang di rebus dan digoreng sebentar, bersamaan dengan seporsi kecil pesto. Tampilannya menggoda selera, porsinya pun cukup besar.

Processed with VSCO with c7 preset

Big Burrito

Grilled Eggplant Burrito ini berisikan water spinach, cumin roast eggplant, tomato, dengan tambahan feta cheese. Rasanya sih enak, bayamnya masih crunchy dan feta cheese-nya lumayan banyak, cuma sayangnya agak berminyak, oh iya minyaknya bukan palm oil ya, mereka memakai virgin olive oil, sehat sih, cuma buat Gue agak berlebihan minyaknya. Mini jacket potato-nya crunchy diluar dan lembut didalam, dimakan dengan pesto-nya yang garlicy bikin tambah maknyuuus. Untuk harganya, Roast Eggplant Burrito ini dihargai dengan harga 70,000 IDR.

Rasanya perut Gue udah penuh, tapi saat Raw Dragoon fruit Cheesecake-nya datang, godaan untuk menyantapnya sungguh tak terelakan! tampilannya lucu, berwarna pink keunguan dengan hiasan kacang mete diatasnya, disajikan kembali dengan wadah nampan kayu beralaskan daun pisang.

Processed with VSCO with c7 preset

Raw Dragonfruit Cheesecake

Raw Dragoon fruit Cheesecake ini base-nya tidak menggunakan graham cracker, tapi menggunakan cashew, “cheese-nya” digantikan oleh dragon fruit dicampur cashew, goji berry, mint, dan lime. Rasanya? ooh heavenly! segar, asam, manis bercampur jadi satu! Gue suka banget! porsinya memang agak kecil dan tipis, tapi dengan harga 45,000 IDR dan pengalaman menyantap Cheesecake yang tidak biasa, worth for every penny sih.

Pengalaman menyantap hidangan vegetarian dan vegan, bagi Gue yang carnivore sejati, sungguh pengalaman baru nan asyik. Pachamama sukses memanjakan lidah Gue, pelayanannya yang ramah dan tempatnya yang asyik, tak heran menjadikan Pachamama sebagai restaurant no. 3 dari 73 restaurant di Gili Air versi Tripadvisor.

Akankah Gue kembali makan ke sana? pastinya ! masih banyak pilihan menu lain yang Gue belum coba dan bikin penasaran. Kalau kalian, sudah pernah menyantap hidangan vegetarian dan vegan? kalau ke Gili Air, jangan lupa mampir ke Pachamama ya!

Processed with VSCO with c7 preset

Happy tummy, happy me!

TIPS:

  • Datanglah ke Pachamama sekitar pukul 3 sore, disaat sudah tidak terlalu ramai dengan pengunjung di jam makan siang.
  • Don’t smoke ! respect aturan yang ada di sana.
  • Jika kalian senang dengan pelayanannya, jangan lupa kasih tip untuk pelayannya.
  • Dont forget take selfie ! sungguh tempatnya instagramable!
  • last, enjoy your food and moment!

PACHAMAMA GILI AIR

Reservations

+62 87864152100
pachamamagiliair@gmail.com

open 12 pm – 5 pm

Monday to Saturday

ps : mereka juga menyewakan villa yang ada di satu komplek dengan restaurant, bisa search via AIRBNB.

Iklan

9 respons untuk โ€˜Pachamama, Surga Vegan di Gili Airโ€™

  1. Hans berkata:

    Tampilannya menggugah selera ya.
    Btw, tempatnya keren bangetnya.
    Klasik dan asik banget kalo dipake buat foto2 instagram soalnya instagramable. Hhahha ๐Ÿ˜†
    Saya waktu ke Gili Air cuma numpang lewat aja ๐Ÿ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.